Sabtu, 05 Oktober 2024

[Recap] First Impression Asadora: Omusubi Week 1 (Episode 1-5)

Omusubi adalah NHK asadora ke-111 yang tayang mulai 30 September 2024 lalu. Aku sangat tertarik mengikuti asadora ini dan ini adalah asadora modern yang mengangkat kisah tahun 1990an. Selain itu asadora ini dibintangi oleh Hashimoto Kanna dan kisahnya juga aku cukup tertarik karena mengangkat tentang gyaru/gal. Bagi kalian yang ingin melihat cast & detailsnya, kalian bisa cek di postingan sebelumnya [Omusubi].

 
Kali ini entah kenapa kayaknya aku bakal membuat recap tiap minggu drama ini. Mudah-mudahan aku nggak sibuk dan punya waktu luang menulisnya. Tapi karena ini hanya recap, jadi ya aku menulis sesuai garis besar ceritanya saja.

Omusubi Week 1

Drama ini memulai kisahnya dari tahun 2004 (Heisei 16), hari pertama heroine Yoneda Yui (Hashimoto Kanna) masuk SMA. Ayah, ibu, kakek dan nenek sedang sarapan di meja makan menunggu Yui turun. Ayahnya heran kenapa Yui lama sekali turun ke bawah untuk sarapan dan kekhawatiran terlihat dimatanya. Ibu mengatakan kalau Yui sudah SMA dan ada banyak hal yang harus disiapkan di hari pertama masih sekolah. Yui sendiri di atas sedang mengenakan baju dan rambutnya terurai. Ia mengenakan dasi yang tidak ketat dana menaikkan sedikit rokny (menggulungnya jadi terlihat lebih pendek).

Tapi begitu tiba di bawah, pakaian Yui bisa saja, dengan rambut dikucir dan rok dibawah lutut. Ayahnya lega sekali melihat Yui tampil seperti biasa. Dia takut Yui akan muncul dengan rambut pirang dan rok pendek seperti gyaru. Tapi Yui mengatakan tidak mungkin dia berpenampilan seperti itu.
Yui kemudian sarapan dan ibunya mengingatkan apakah Yui masih ada waktu untuk sarapan. Yui melihat jam dan dia kaget karena dia akan terlambat. Jadi dia hanya meminum sup sedikit dan membawa tomat merah sebagai bekal. Ia kemudian berangkat sekolah dengan sepedanya, melewati persawahan, perkebunan warga.

Yui tiba di kelasnya dan ia ternyata satu kelas dengan temannya Koga Yota (Araki Sugou). Koga tampak agak kecewa karena sejak SMP mereka sekelas terus. Koga adalah teman masa kecil Yui yang memanggilnya dengan nama 'omusubi'. Yui nggak suka dipannggi dengan nama omusubi, jadi Yota memanggilnya dengan nama 'adik Ayu' dan Yui makin nggak suka. Ia akan merahasiakan kalau dia adalah adik Ayu. Yui juga berkenalan dengan teman yang duduk dibangku sampingnya, Miyazaki Emi (Nakamura Shuri). Mereka berkenalan karena punya gantungan kunci dari karakter yang sama. 
Tapi rahasia Yui justru terbongkar karena guru wali kelas merekaa mengenal Yui dan memanggilnya adik Ayu, yaitu siswa paling populer di sekolah mereka dulu yang adalah seorang gal. Teman-teman Yui mulaia berbisik-bisik dan Yui malu banged.
 
Sepulang sekolah, saat Yui merenung dipinggir pantai, dia melihat dua anak kecil sedang kesulitan karena topi si adik jatuh ke laut. Yui adalah tipe yang nggak bisa membiarkan seseorang terlihat kesulitan jadi dia menolong dengan melompat ke laut. Yui adalah anak yang pandai berenang, makanya dia nggak ragu. Tapi ternyata ada yang melihat Yui bererang di laut dan melompat untuk menyelamatkan Yui. Anak laki-laki itu meminta Yui jangan khawatir dan memegang tangannya, Yui kebingungan. Dia ingin mengatakan dia bisa berenang, tapi anak itu nggak mendengarkan.
Saat mereka didarat, Yui dimarahi anak itu padahal Yui sudah bilang dia bisa berenang, tapi anak itu mengatakan kalau itu sangat bahaya.

Yui mengembalikana topi anak kecil itu dan anak itu tetap sedih karena itu topi pemberian ibunya. Yui menghiburnya dengan memberikan tomat, tapi anak itu tidak menyukai tomat. Yui memakannya dengan nikmat di depan anak itu dan mengatakan kalau tomat ini beda dan enak sekali. Anak itu mencoba dengan takut-takut, tapi ternyata memang enak. Yui juga memberi tomat itu pada kakak anak itu dan juga pada yang menolongnya tapi, tapi yang menolongnya itu nggak menerima dan pergi meninggalkan Yui. Yui merasa anak laki-laki itu aneh sekali.

Saat Yui akan pergi, tiba-tiba ada segerombolan gal yang menghadangnya. Yui takut banged berurusan dengan gal yang memang terkesan buruk di masyarakat karena gaya pakaian dan rambut mereka yang nyetrik. Yui berfikir kalau dia sedang dilabrak, tapi ternyata mereka malah mau mengajak Yui bergabung dengan geng mereka yang namanya 'HAGALEN' (dibaca Hagaren). Mereka tahu kalau Yui adalah adik Ayumi, pendiri Hagaren dulu. Dan Yui menyadari salah satu anggota Hagaren ternyata adalah teman sekelasnya, makanya mereka tahu dia adik Ayumi. Tapi Yui ini kelihatan ada masalah dengan Ayumi dan dia nggak menyukai kakaknya itu, jadi Yui kabur dan menolak bergabung dengan mereka.

Suatu hari di kelas, Emi menanyakan pada Yui apakah Yui sudah memilih klub untuk dimasuki dan Yui ternyata masih belum memutuskan. Sementara itu Emi masuk klub kaligrafi. Yui membantunya membawa banyak barang ke klub dan kemudian dia berkenalan dengan ketua klub, Kagami Ryosuke (Nagatsuma Reo). Yui jatun cinta pada pandangan pertama dengan Kagami-senpai. Dia bahkan setuju ikut kegiatan klub melihat karya kaligrafi karena ada Kagami senpai. Tapi ternyata saat pertemuan itu Kagami senpai nggak ikut. Yui sangat kecewa. Dan disana mereka malah bertemu dengan geng Hagaren yang ketawa-ketawa, bercanda-canda seolah nggak ada masalah. Emi dkk berkomentar kalau mereka nggak cocok dengan anak-anak seperti itu. Yui hanya terdiam.
 
Hagaren ini lagi-lagi mendekati Yui untuk merekrutnya menjadi anggota. Dia selalu ditunggu saat pulang sekolah dan suatu hari Yui kesal sekali dan marah pada mereka. Ia mengatakan kalau dia nggak cocok dengan mereka yang terlihat seperti nggak ada masalah, sedangkan dia punya banyak hal yang ia pikirkan. Ia juga nggak suka disebut-sebut sebagai adik Ayumi. Dia mengatakan dengan tegas kalau dia sangat membenci gal dan kakaknya Ayumi.
 
Kagami senpai merasa bersalah karena nggak jadi datang ke acara waktu itu dan karena itu Yui nggak mau ikut klub kaligrafi. Ia ingin menunjukkan pada Yui kalau klub kaligrafi adalah klub yang menyenangkan dan mengajak Yui ke pameran lagi bersama Emi. Tapi saat hari H, Emi malah nggak datang. Yang datang adalah Kagami senpai dan dirinya, Yui langsung panik karena itu artinya ini adalah kencan. Saat itu, Yui melihat salah satu member Hagaren yang biasanya selalu makan. Karena nggak mau ketahuan, dia sengaja berjalan menunduk dan melindungi diri dibalik Kagami senpai. Tapi Yui saat itu melihat gadis itu tidak enak badan dan bahkan terjatuh. Yui mencoba tidak ambil pusing. Tapi selama perjalanannya dengan Kagami senpai, Yui terus teringat anak itu dan akhirnya Yui memutuskan kembali pada anak itu dan meninggalkan Kagami senpai.

Yui kembali ke tempat anggota gal itu dan menemukannya terduduk lemas. Yui yang khawatir membawa gadis itu ke rumah sakit dan ternyata anak itu kurang nutrisi gitu, jadi dokter meminta anak itu memberitahu ibunya untuk memasak makanan bergizi. Anak itu hanya diam saja.
Yui dan anak itu kembali ke tempat tadi dan anak itu mulai curhat kalau dia nggak punya ayah lagi, ibunya sibuk bekerja jadi nggak sempat memasak. Dia juga kerja part time untuk membantu keuangan keluarga. Anak itu bahkan sengaja membeli cemilan karena itu mudah dan bisa dimakan berhari-hari. Yui jadi kasihan melihatnya. Yui kemudian mengeluarkan omusubi bekalnya dan memberikannya pada anak itu. Yui mengatakan saat makan makanan enak, mereka akan melupakan kesedihan mereka. Anak itu memakannya dan menangis. Ia mengatakan kalau dia ingat rasa omusubi yang waktu kecil ia makan bersama keluarganya saat piknik. Ia mengatakan kalau ia sangat ingin berkumpul dengan keluarganya lagi.

Tak lama kemudian anggota Hagaren muncul dan sangat berterima kasih pada Yui yang sudah menolong teman mereka. Mereka mengatakan kalau mata mereka nggak salah mengajak Yui bergabung dan bagaimana pun Yui adalah adik Ayumi, jadi pasti sifat Ayumi yang suka menolong ada pada Yui. BTW salah satu member Hagaren yang adalah ketuanya sekarang, waktu kecil pernah ditolong oleh Ayumi, makanya dia mengagumi Ayumi dan menjadi gal seperti Ayumi.

Karena mereka terus memaksanya masuk Hagaren dan Yui juga merasa bersalah karena menganggap Hagaren hanya berisi anak-anak yang nggak punya kerjaan, Yui akhirnya menawarkan diri menjadi teman mereka saja, karena bagaimana pun dia nggak mau menjadi gal. Keempat anggota Hagaren senang sekali dan mereka mulai tukar-tukaran nomor HP.
Mereka secara resmi memperkenalkan diri sebagai Ruri, Tamacchi, Suzurin dan Lisapon. Nama panggilan adalah hal wajib bagi gal. Mereka juga mencari nama panggilan untuk Yui. Lisapon yang adalah teman sekelas Yui mengatakan kalau dia dengar Yui sewaktu kecil dipanggil dengan nama Omusubi, jadi mereka memutuskan memanggil Yui dengan Musubin. Setelah resmi menjadi teman, mereka merayakannya dengan pergi ke mesin purikura dan mengambil foto bersama.

Saat kembali ke rumah, Yui memandangi foto yang mereka ambil tadi dan ia terdiam di depan kamar kakaknya. Ia masuk ke sana dan melihat bagaimana kamar kakaknya penuh dengan hal-hal yang sangat berkilau, agak norak gitu khas gal. Yui mengambil jepit rambut bunga matahari dan mencobanya. Tapi kemudian dia tersadar dan segera keluar dari kamar.

-END-

Kalau aku lihat, Yui ini mungkin mengatakan dia nggak suka gal, itu karena kakaknya. Tapi dalam hatinya dia sebenarnya ingin mencoba bergaya seperti gal. Buktinya pada ending minggu pertama ini dan scene awal episode pertama. Mungkin Yui ini menjaga image gitu, karena dia kecewa pada kakaknya. Keberadaan kakaknya masih menjadi misteri.

Selain mengenai Yui, ada beberapa hal juga yang bisa kita lihat dari episode pertama. Ayah Yui dan kakeknya tidak berhubungan dengan baik. Mereka keluarga petani tapi ayah Yui nggak begitu suka bertani. Mereka dulu tinggal di Kobe dan ayahnya punya salon rambut, tapi karena sesuatu alasan mereka pindah ke Itoshima. Yui pernah mengatakan kalau keluarga mereka akhirnya bisa normal lagi, jadi sesuatu yang besar mungkin terjadi di Kobe.

Aku suka bagaimana kakek tidak mau membuang sayuran yang nggak lolos sortir, tapi dia tetap menjual dengan harga diskon. Ia memarahi ayah yang membedakan sayuran-sayuran itu. Misalnya tomat yang bulatnya nggak sempurna, atau wortel yang bercabang. Makanya dia bilang ayah nggak cocok sebagai petani.
 
Gal itu memang dulu terkesan adalah kumpulan anak-anak nakal. Makanya banyak yang nggak suka pada gal. Ada adegan dimana Ruri dkk mengajak Yui untuk ngobrol gitu dan ada bapak yang melihat hal itu, lalu bapak itu memanggil polisi karena berfikir Yui sedang diperas oleh para gal. Bahkan polisi juga bertanya apakah anak gal itu mengambil barang Yui. Jadi memang image-nya itu buruk di masyarakat, padahal mereka nggak ngapa-ngapain. Makanya Yui juga merasa sayuran yang dipilah ayahnya itu seolah-olah seperti para gal yang diasingkan.
 
Aku sudah membaca spoiler asadora ini sampai week 15 dan aku sudah tahu apa yang akan terjadi kedepannya dan bahkan dengan siapa Yoneda Yui akan menikah. Tapi aku nggak akan spoiler disini 😃


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts