Asadora pada tahun 1961 format awalnya adalah tayang mulai Senin-Jumat dan 20 menit per episode. Pada tahun 1962 jam tayang berubah menjadi Senin-Sabtu dan menjadi 15 menit per episode dan tayang mulai pukul 8.15 pagi. Dan di tahun 2010-lah asadora mengubah jam tayang menjadi pukul 8 pagi waktu Jepang. Asadora cocok ditonton bagi mereka yang sibuk dan tidak punya banyak waktu menonton drama yang durasinya panjang, karena durasinya hanya 15 menit per episode. Asadora biasanya tayang sebanyak 156 atau 151 episode (tapi ada juga yang 150 atau 162 episode). Tapi sejak formatnya berubah mulai tahun 2020, asadora hanya berjumlah 120+ episode.
Intinya sih, pasti ada satu daerah yang ditonjolkan dalam setiap asadora dan biasanya itu berhubungan dengan tokoh utamanya alias kampung halaman tokoh utama. Dan heroine dari asadora tersebut biasanya akan menjadi duta daerah tersebut selama setahun. Karena itu, setelah asadora selesai, biasanya para cast akan mengadakan event untuk menyapa penduduk dari daerah tersebut. Itu adalah event yang selalu ada setiap 1 judul asadora menyelesaikan masa tayangnya. Daerah yang menjadi pusat asadora biasanya akan menjadi populer. Aku sering melihat foto-foto saat para cast mengadakan event, tapi sangat sulit mencari videonya. Baru-baru ini event yang aku tonton adalah saat cast Umechan Sensei menyapa penduduk Kamata, karena dalam dramanya sang tokoh utama tinggal di Kamata. Atau event Kiyohara Kaya dan para cast di Kesennuma pas drama mereka masih tayang.
Salah satu contoh 'asadora sebagai ajang promosi daerah' yang paling berkesan adalah asadora Amachan, dimana mereka mengambil lokasi di Kitasanriku, di regional Tohoku. Pada tahun 2011, Tohoku mengalami bencana Tsunami yang cukup besar. Aku pernah membaca asadora Amachan sengaja mengambil lokasi di Tohoku untuk mempromosikan daerah tersebut dan kesuksesan Amachan menjadi 'social phenomenon' dimana Amachan mampu meningkatkan kedatangan turis ke Tohoku dan mempopulerkan bahasa daerah serta makanan khas Tohoku yang tentu saja akan meningkatkan ekonomi daerah tersebut. Aku dengar perekonomian daerahnya meningkat 60% setelah drama tersebut tayang. Asadora Amachan bahkan menjadi asadora pertama yang mendapatkan segmen 30 menit dalam acara akhir tahun NHK, Kohaku Uta Gassen, karena kesuksesannya. Bahkan sampai saat ini
Tapi jangan salah, meski menceritakan masa lalu, drama ini bukan drama sejarah, bukan pula mengenai bagaimana mereka berperang. Tapi lebih ke kisah kehidupan heroine dan orang disekitarnya pada masa itu. Slice of Life banged.
Aku termasuk yang ragu untuk menonton asadora kalau tokoh utamanya masih mengenakan kimono, alias zaman dulu banged. Tapi ternyata justru asadora seperti itu malah lebih bagus dari asadora yang para tokohnya sudah mengenakan pakaian barat. Aku cukup kagum dengan naskah sebuah asadora, keren banged mereka bisa menampilkan banyak kisah dalam 1 drama.
Minggu pertama biasanya dimulai dengan kisah kehidupan masa kecil sang tokoh utama dan minggu kedua dan seterusnya, kisah hidup heroine saat ia remaja dan seterusnya sampai episode terakhir. Karena asadora tayang dua musim dalam satu judul, jadi dalam asadora ada yang disebut sebagai part 1 dan part 2. Biasanya temanya nanti akan berbeda tapi tetap berhubungan. Sebagai contoh, asadora Amachan *lagi*, part 1 menceritakan tentang sang tokoh utama yang baru mengenal 'penyelam wanita' dan ia ingin menjadi penyelam wanita. Tapi di part 2 nanti, dia mulai mengenal dunia idol dan ia ingin menjadi Idol.
Contoh lainnya adalah asadora Mare. Di part 1, sang tokoh utama menemukan impiannya untuk menjadi seorang patissiere dan ia berjuang meraih impiannya itu. Di part 2 kehidupannya mulai berubah setelah ia menikah dan fokusnya adalah pada dirinya yang menjadi seorang ibu tapi tak bisa melupakan impiannya.
Asadora juga ada yang diambil dari kisah nyata atau based on true story dan biasanya asadora yang diambil dari kisah nyata ini lebih menarik dari yang original story, karena perjalanan hidup sang tokoh sudah tersusun dalam autobiography/biography jadi penulisnya tinggal menambahkan warna dalam kisahnya, tanpa harus memikirkan apa yang akan terjadi selanjutnya. NHK Osaka adalah yang biasanya mengambil kisah based on true story, mereka jarang membuat drama yang original story.
Karena kisah keluarga, tentu saja tak akan lepas dari orang tua, saudara, suami, anak-anak dan lain sebagainya. Karena kisha asadora adalah perjalanan hidup sang tokoh utama, maka tentu saja selama perjalanan itu biasanya ada tokoh yang akan meninggal dunia, biasanya adalah nenek, ayah atau ibu sang tokoh utama. Tapi ada juga kok beberapa asadora yang tokoh pentingnya tetap ada dari awal sampai akhir tanpa adegan meninggal dunia dan asadora seperti ini, aku biasanya menyebutnya 'healing asadora'. Beberapa judul yang sudah aku tonton yang tokoh keluarganya tidak ada yang meninggal dunia adalah Amachan, Mare, Hiyokko, Umechan Sensei, Churasan, Fight dan Okaeri Mone. Tapi meski healing asadora, bukan berarti asadoranya nggak sedih lho :)
Bicara mengenai kesedihan dalam sebuah drama, asadora termasuk sebuah drama yang pasti akan membuat menangis dan juga tertawa. Terutama karena berhubungan dengan keluarga, pasti ada kisah sedihnya, tapi menangis saat menonton drama bukan berarti karena ada tokohnya yang meninggal dunia, tapi karena hal lain juga. Misalnya, salah satu adegan yang selalu membuat aku menangis adalah saat sang tokoh utama menikah, adegan saat heroine berterima kasih pada orang tua karena sudah membesarkannya, selalu membuatku meneteskan air mata.
Sebenarnya saat awal mengenal asadora, salah satu yang membuat aku ragu menontonnya adalah karena tokohnya banyak banged. Aku khawatir apakah aku bisa mengingat mereka satu per satu atau tidak. Tapi jangan khawatir, salah satu keunikan asadora itu adalah tokohnya yang sangat banyak, punya karakter tersendiri dan punya kisahnya masing-masing. Jadi dijamin selama menontonnya kita pasti akan ingat karaktgernya.
Dalam asaodra, tidak ada tokoh yang terbuang hanya menjadi cameo, semuanya pasti punya kisahnya masing-masing yang diceritakan seiring dengan perjalanan hidup sang tokoh utama.
Karena setiap karakter punya keunikan tersendiri, seiring dengan berlalunya setiap episode, aku yakin kita akan mengingat para tokoh satu per satu, meski lupa namanya pasti ingat karakternya bagaimana. Jadi memang, itu adalah salah satu keistimewaan dalam asadora.
Tokoh dalam asadora biasanya bukannya makin sedikit, tapi makin banyak. Seperti yang aku tuliskan diatas, setiap judul asadora ada 2 part, Part 1 dan Part 2, tokoh yang mengelilingi sang heroine biasanya berbeda-beda. Biasanya dari kampung halaman heroine tokohnya beda nanti pas heroine pergi ke kota (Tokyo atau Osaka) maka akan ada tokoh baru disana. Jadi memang banyaknya tokoh dalam asadora itu sesuatu banged.
Tapi karena itu aku menyukai asadora, biasanya diminggu terakhir penayangannya akan ada acara reuni dimana para tokoh dari kedua par dipersatukan dalam sebuah acara, biasanya acara perayaan memperingati sesuatu. Tapi memang ada juga sih tokoh yang nggak muncul lagi, biasanya itu adalah tokoh pembantu. Kalau tokoh penting pasti akan muncul lagi di minggu terakhir.
- Musume to Watashi (1961, Kitazawa Hyo) - tentang seorang ayah yang menjaga dua anak tirinya.
- Ashita no Kaze (1962, Watanabe Fumiko) - tentang keluarga miskin setelah perang dunia II.
- Akatsuki (1962, Saburi Shin) - tentang seorang profesor disbuah universitas yang berhenti dari pekerjaannya untuk menjadi seorang pelukis.
- Uzushio (1964, Hayashi Mischiko) - diangkat dari sebuah novel tentang seorang gadis yang lahir dari keluarga miskin dan hidup dengan berani.
- Tamayura (1965, Ryu Chishu) - tentang seorang pria tua yang mulai travelling setelah ia pensiun.
- Ohanahan (1966, Kashiyama Fumie) - tentang seorang gadis yang lahir di era Meiji dan membesarkan keluarganya sendirian.
- Tabiji (1967, Hiiro Tomoe) - tentang seorang istri dan suaminya yang merupakan karyawan kereta api.
- Ashita Koso (1968, Fujita Yumiko) - sebuah drama keluarga yang memperlihatkan pertumbuhan orang-orang dalam generasi yang berbeda dalam satu kelarga.
- Nobuko to Obaa-chan (1969, Otai Naoko) - tentang seorang gadis yang tinggal bersama neneknya.
- Niji (1970, Minamida Yoko) - seorang wanita yang berusaha mendukung keluarganya pada saat dan sesudah perang dunia II.
- Mayuko Hitori (1971, Yamaguchi Karin) - Kisah seorang anak yang ditinggalkan ibunya saat ia masih kecil dan setelah lulus ia bekerja di Tokyo sebagai reporter sebuah majalah sambil mencari ibunya.
- Ai Yori Aoku (1972, Maki Yoko) - kisah seorang gadis yang menikah diusia 18 tahun dan kehilangan suaminya saat perang. Ia berangkat ke Tokyo dan mengumpulkan para istri yang kehilangan suami saat perang, mereka membuka bisnis bersama-sama.
- Kita no Kazoku (1973, Takahashi Yoko) - tentang seorang gadis yang mengkhawatirkan antara hubungan ayah dan adiknya. Karena sebuah kecelakaan yang disebabkan ayahnya, keluarga mereka kesulitan dan ayahnya menghilang.
- Hatoko no Umi (1974, Fujita Mihoko) - tentang seorang wanita yang kehilangan ingatannya setelah bom atom Hiroshima.
- Mizuiro no Toki (1975, Otake Shinobu) - tentang seorang gadis yang ingin menjadi dokter, ibunya adalah seorang perawat.
- Ohayo San (1975, Akino Yoko) - tentang seorang gadis yang tinggal bersama kakak tirinya yang meninggalkan rumah demi karirnya. Setelah ia dewasa ia memutuskan tinggal bersama sang kakak tiri dan menjalani hidup sebagai wanita karir.
- Kumo no Juutan (1976, Asaji Yoko) - tentang seorang gadis yang ingin menjadi pilot.
- Hino Kunini (1976, Suzuka Keiko) - tentang seorang gadis yang menjadi seorang tukang kebun.
- Ichiban Hoshi (1977, Takase Haruna & Godai Michiko) - mengambil lokasi di Tendo, Yamagata.
- Kazamidori (1977, Arai Harumi) - tentang seorang gadis yang menikah dengan seorang pria dari Jerman dan membuka usaha bakery di Kobe.
- Otei-chan 1978, Yuri Chikako) - tentang seorang gadis yang menyukai dunia drama.
- Watashi wa Umi (1978, Aihara Tomoko) - tentang seorang wanita yang membesarkan anak yatim piatu pasca perang dunia II.
- Ma Nee-chan (1979, Kumagai Mami) - berdasarkan autobiografi manga-ka Hasegawa Machiko dan kisah kakak perempuannya yang menciptakan perusahaan penerbitan demi menerbitkan manganya.
- Ayu no Uta (1979, Yamazaki Senri) - tentang seorang wanita yang menjadi pemilik wanita sebuah grosir penjualan benang.
- Natchan no Shashin Kan (1980, Hoshino Tomoko) - tentang seorang gadis yang ingin menjadi fotografer.
- Niji wo Aru (1980, Konno Misako)- tentang seorang wanita yang terpesona dengan dunia stage Takarazuka Revue dan memutuskan untuk masuk ke grup itu.
- Mansaku no Hana (1981, Nakamura Akemi) - tentang seorang gadis yang dibawa ayahnya untuk tinggal bersama dua saudaranya yang tidak ada hubungan darah.
- Honjitsumo Seiten Nari (1981, Hara Hideko) - tentang seorang wanita yang menjadi penyiar radio dan penulis.
- Haikara-san (1982, Tezuka Satomi) - tentang seorang wanita yang mendirikan hotel untuk pertama kalinya di era Meiji.
- Yoidon (1982, Fujiyoshi Fumiko) - seorang wanita yang hidup dalam kesulitan keluarganya dan akhirnya menjadi sukses setelah menjadi pemenang lari maraton.
- Oshin (1983; Kobayashi Ayako, Tanaka Yuko, Otawa Nobuko) - seorang gadis dari keluarga miskin yang harus melalui berbagai rintangan dalam hidupnya, tidak menyerah dan akhirnya menjadi salah satu wanita tersukses di Jepang.
- Romance (1984, Enoki Takaaki) - tentang seorang pria muda yang menjadi sutradara film.
- Kokoro wa Itsumo Ramune Shoku (1984, Shindo Eisaku) - berdasarkan kisah nyata komedian Akita Minoru yang menyukai komedi lebih dari apapun.
- Mio Tsukushi (1985, Sawaguchi Yasuko) - seorang gadis yang menikah dengan orang yang ia sukai, tapi kemudian suaminya menghilang di laut dan ia menjadi pendukung keluarganya sendirian.
- Ichiban Daiko (1985, Okano Shinichiro) - mengambil lokasi di prefektur Yamagata, tentang seorang pria yang memasuki dunia teater.
- Hanekonma 1986, Saito Yuki)- tentang seorang gadis yang mempelajari bahasa inggris untuk tahu lebih jauh mengenai dunia. Ia kemudian menjadi reporter surat kabar dan menjadi seseorang yang mengajarkan pada para wanita mengenai jalan hidup yang lebih bebas. Sebuah kisah mengenai wanita yang open-minded.
- Miyako no Kaze (1986, Kano Miyuki) - tentang 3 anak perempuan dari penjual kain di Kyoto yang pindah ke Nara dan menjalankan bisnis ryokan, kemudian memasuki dunia fashion.
- Chotsu-chan (1987, Komura Hiro) - berdasarkan autobiografi dari Kuroyanagi Tetsuko.
- Hassai-sensei (1987, Wakamura Mayumi) - tentang seorang wanita dari Tokyo yang mengajar di sekolah khusus anak laki-laki.
- Non-chan no Yume (1988, Fujita Tomoko) - tentang seorang wanita yang kesulitan setelah perang dunia II dan mulai membuat majalah.
- Jun-chan no Ouen-ka (1988, Yamaguchi Tomoko) - tentang seorang gadis yang menyukai baseball dan setelah menikah ia membuka penginapan di dekat Koshien. Ia terkenal sebagai 'ibu' bagi siswa SMA yang berjuang di Koshien.
- Seishun Kazoku (1989, Ishida Sayumi & Shimizu Misa) - tentang jalan hidup seorang ibu dan anak perempuannya yang hidup dalam family modern.
- Wakko no Kinmeadaru (1989, Watanabe Azusa) - tentang seorang pemain voli wanita yang membantu komunitas lokal. Ia mengerahkan seluruh masa mudanya untuk voli dan mengincar medali emas dalam hidupnya sebagai seorang istri dan ibu yang baik.
- Rinrinto (1990, Tanaka Minoru) - tentang seorang pria yang mengembangkan televisi.
- Kyo, Futari (1990, Yamamoto Yoko) - tentang konflik antara seorang ibu, putrinya dan ibu mertuanya.
- Kimi no Na wa (1991, Suzuki Kyoka & Kurata Tetsuo) - remake dari sebuah radio drama populer tahun 1952, tentang seorang pria dan wanita yang bertemu saat serangan udara di Tokyo pada tahun 1945.
- Onna wa Dokyo (1992, Izumi Pinko & Sakurai Sachiko) - tentang seorang wanita dan anak tirinya di sebuah onsen.
- Hirari (1992, Ishida Hikari) - tentang seorang gadis yang menyukai sumo dan ingin menemukan pekerjaan yang berhubungan dengan sumo. Ia kemudian menjadi seorang ahli gizi.
- Eenyobo (1993, Toda Naho) - tentang seorang wanita yang berpisah dengan suminya dan berjuang untuk menjadi seorang dokter.
- Karin (1993, Hosokawa Naomi) - seorang gadis yang mengambil alih usaha keluarganya membuat miso setelah perang dunia II.
- Piano (1994, Junna Risa) - tentang si bungsu dari 4 bersaudara yang dibesarkan oleh ayah mereka, dia ingin menjadi seorang penulis buku untuk anak-anak.
- Haruyo Koi (1994, Yasuda Narumi & Nakada Yoshiko) - seorang penulis novel populer yang mengetahui suaminya mempunyai penyakit kanker.
- Hashiran ka! (1995, Mikuni Kazuo) - seorang pria yang ingin bekerja dibidang musk rock meski ayahnya ingin anaknya mengikuti jejaknya membuat hakata ningyo.
- Himawari (1996, Matsushima Nanako) - tentang seorang wanita yang menjadi pengacara.
- Futarikko (1996, Iwasaki Hiromi & Kikuchi Maiko) - tentang seorang pemain shogi pro dan adik kembarnya.
- Agri (1997, Tanaka Misato) - kisah nyata penata rambut Moshizuki Agri, dia adalah salah satu pebisnis wanita yang selamat dari perang dunia II dengan bertani.
- Amakara-shan (1997, Sato Yumiko) - tentang seorang wanita muda yang ingin menjadi pembuat sake.
- Ten Urara (1998, Sudo Risa) - tentang seorang gadis yang ingin menjadi tukang kayu dan membangun rumah.
- Yanchakure (1998, Konishi Miho) - tentang seorang gadis yang selalu gagal saat melakukan apapun. Ia kemudian berhasil membangkitkan kembali sebuah perusahaan pembuatan kapal.
- Suzuran (1999, Tono Nagiko) - seorang pria yang bekerja di jalur kereta api pertama di Jepang menemukan seorang bayi perempuan dan membesarkannya seperti anaknya sendiri.
- Asuka (1999, Takeuchi Yuko ) - tentang seorang gadis yang ingin menjadi pembuat wagashi (permen khas jepang) seperti ayahnya.
- Watashi no Aozora (2000, Tabata Tomoko ) - tentang seorang wanita yang ditinggal selingkuh oleh suaminya yang merupakan seorang petinju. Saat ditinggalkan, dia sedang hamil dan melahirkan anak laki-laki. Ia berusaha menghidupi dirinya dan anaknya sendirian, tapi kemudian suaminya kembali.
- Audrey (2000, Okamoto Aya) - tentang seorang gadis yang ingin menjadi seorang aktris.
- Churasan (2001, Kuninaka Ryoko)- seorang gadis yang percaya akan janji masa kecilnya untuk menikah, ia berangkat ke Tokyo setelah lulus dengan harapan bertemu anak laki-laki itu, tapi anak itu sudah melupakan janji mereka. Ia kemudian menemukan impiannya untuk menjadi seorang perawat dan bekerja di rumah sakit yang sama dengan anak laki-laki itu.
- Honmamon (2001, Ikewaki Chizuru) - tentang seorang gadis yang lahir di keluarga yang tinggal di desa jauh alam hutan dan ingin menjadi seorang chef.
- Sakura (2002, Takano Shiho) - tentang seorang gadis, generasi ke-4 dari Japanese-American yang tinggal di Hawaii. Ia baru menyelesaikan kuliahnya dan ingin pergi ke Jepang selama 1 tahun untuk mengajar.
- Manten (2002, Miyaji Mao)- tentang seorang wanita yang belajar mengenai cuaca.
- Kokoro (2003, Nakagoshi Noriko) - tentang seorang gadis yang tinggal bersama ibu dan neneknya yang membuka usaha restoran tradisional. Ia adalah seorang pramugari yang kemudian menjadi seorang istri, ibu tiri, janda dan pebisnis wanita.
- Teruteru Kazoku (2003, Ishihara Satomi) - diangkat dari sebuah novel, menceritakan tentang sebuah keluarga yang membuka usaha bakery untuk membesarkan 4 anak perempuan mereka.
- Tenka (2004, Fujisawa Ema) - tentang seorang gadis yang tinggal bersama kakeknya di desa, setelah lulus SMA, ia tinggal bersama keluarganya di Tokyo dimana rumah mereka dekat sebuah TK dan itu membuat sang gadis ingin menjadi guru TK.
- Wakaba (2004, Harada Natsuki) - tentang seorang gadis yang menjadi tukang kebun seperti keinginan ayahnya, ia ingin mengabulkan keinginan ayahnya untuk memenuhi rumah mereka dengan pohon dan bunga-bunga.
- Fight (2005, Motokariya Yuika) - tentang seorang gadis yang menghadapi berbagai kesulitan dalam hidupnya setelah pabrik ayahnya jatuh bangkrut. Ia bekerja di Onsen saat ia trauma pergi ke sekolah. Ia sangat menyukai kuda dan menemukan impiannya kalau ia ingin bekerja bersama kuda sebagai jalan karirnya.
- Kaze no Haruka (2005, Murakawa Eri) - tentang seorang gadis dimana kedua orangnya bercerai, ia memilih tinggal bersama ayahnya. Ia yang punya impian menjadi agen travel.
- Junjo Kirari (2006, Miyazaki Aoi) - tentang seorang gadis yang sangat menyukai piano dan musik jazz. Ia menghadapi berbagai kesulitan demi impiannya untuk tetap bermain musik.
- Imo Tako Nankin (2006, Fujimiya Naomi) - diangkat dari kisah nyata seorang gadis yang mempunyai impian menjadi seorang novelist.
- Dondo Bare (2007, Higa Minami) - tentang seorang gadis yang menikah dengan pewaris ryokan kelas atas dan kemudian ia menjadi nyonya pemilik / okami.
- Chiritotechin (2007, Kanjiya Shihori) - tentang seorang gadis yang ingin berubah, ia ingin hidup dengan senyuman seperti janjinya pada kakeknya. Ia meninggalkan rumah setelah lulus SMA dan mulai mendalami dunia rakugo, japanese story telling.
- Hitomi (2008, Eikura Nana) - tentang seorang gadis yang ingin menjadi dancer.
- Dandan (2008, Mikura Mana & Mikura Kana) - tentang kembar identik yang terpisah, mereka saling mencari satu sama lain, setelah bertemu, mereka ingin menggapai impian menjadi penyanyi.
- Tsubasa (2009, Tabe Mikako) - tentang seorang gadis yang bekerja disebuah radio lokal dan menjadi DJ.
- Welkame (2009, Kurashina Kana)- tentang seorang gadis yang menjadi editor sebuah majalah.
- Gegege no Nyobo (2010, Matsushita Nao) - diangkat dari kisah nyata istri manga-ka populer Jepang, sebelum sang suami populer, mereka harus hidup dalam kemiskinan.
- Teppan (2010, Takimoto Miori) - about a young woman who moves from Hiroshima to Osaka and tries to start an okonomiyaki restaurant.
- Ohisama (2011, Inoue Mao) - tentang seorang gadis yang kehilangan ibunya sejak kecil, mempunyai impian menjadi seorang guru dan membuka usaha soba bersama keluarga barunya.
- Carnation (2011, Ono Machiko) - diangkat dari kisah nyata seorang designer ternama Jepang yang membesarkan 3 puterinya menjadi designer ternama dunia.
- Umechan Sensei (2012, Horikita Maki) - tentang seorang gadis yang selalu dibandingkan dengan dua saudaranya yang pintar. Ia punya impian menjadi seorang dokter seperti ayahnya dan membuka klinik sendiri di tempat tinggalnya.
- Jun to Ai (2012, Natsuna) - about a young woman who raised in Okinawa, she works at a top-tier hotel in Osaka. She fall in love with a man who his name is written in same kanji as hers.
- Amachan (2013, Nounen Rena / Non) - tentang seorang gadis yang ingin menjadi penyelam wanita seperti neneknya dan kemudian menjadi seorang idol.
- Gochisousan (2013, Anne) - tentang seorang gadis yang sangat suka makan dan berubah menjadi seorang wanita yang ingin menyajikan makanan hangat 3 kali sehari untuk keluarganya.
- Hanako to Anne (2014, Yoshitaka Yuriko) - tentang seorang gadis yang sangat mencintai buku, ia lahir di keluarga miskin yang berhasil masuk ke sebuah sekolah untuk anak orang kaya, ia menyukai bahasa ingrris dan menjadi seorang penerjemah.
- Massan (2014, Charlotte Kate Fox) - berdasarkan kisah nyata seorang pria yang ingin membuat wiski petama di Jepang, ia menikah dengan seorang gadis kebangsaan Skotlandia tempat ia belajar wiski dan membawanya ke Jepang.
- Mare (2015, Tsuchiya Tao) - tentang seorang gadis yang takut untuk bermimpi karena ayahnya, tapi kemudian ia menemukan impiannya untuk menjadi patissiere, ia menjadi ibu dari 2 anak kembar dan melanjutkan impiannya membuka toko kue sendiri.
- Asa ga Kita (2015, Haru) - tentang seorang gadis yang sangat menyukai bisnis, ia mendapatkan kepercayaan dari keluarga dimana ia menikah, ia berhasil menyelamatkan usaha keluarga saat restorasi era meiji, membuka bank, asuransi jiwa dan universitas wanita pertama di Jepang.
- Toto Nee-chan (2016, Takahata Mitsuki) - tentang seorang gadis yang menjadi kepala keluarga setelah ia kehilangan ayahnya. Ia bekerja demi ibu dan dua adiknya. Kelak ia akan membuka perusahaan penerbitan sendiri, bersama dua adiknya.
- Beppin-san (2016, Yoshine Kyoko) - 3 wanita dari keluarga kaya yang ditinggal suami saat berperang, berusaha mencari nafkah sendiri demi anak mereka. Dibantu oleh seorang teman, mereka berempat mulai membuka bisnis pakaian untuk anak-anak.
- Hiyokko (2017, Arimura Kasumi) - tentang seorang gadis yang hidupnya berubah setelah ayahnya menghilang, ia berangkat ke Tokyo untuk bekerja sambil mencari ayahnya. Ia dikelilingi oleh orang baik dan perlahan menjadi dewasa.
- Warotenka (2017, Aoi Wakana) - berdasarkan kisah nyaa
- Hanbun, Aoi (2018, Nagano Mei) - tentang seorang gadis yang kehilangan pendengaran di telinga kirinya, ia berangkat ke Tokyo untuk menjadi manga-ka, tapi semuanya tak berjalan lancar, ia kemudian kembali ke kampung halamannya sebagai ibu tunggal.
- Manpuku (2018, not announced yet) - diangkat dari kisah nyata penemu Nissin Food
- Natsuzora (2019, Hirose Suzu) - tentang seorang yatim piatu pasca perang dunia II, ia berpisah dengan 2 saudaranya dan kemudian menemukan impiannya untuk menjadi animator.
- Scarlet (2019, Toda Erika) - tentang seorang gadis yang berjuang menjadi pembuat keramik wanita pertama yang diakui di Jepang.
- Yell (2020, Kubota Masataka) - tentang seorang anak laki-laki yang sudah memenangkan komposisi musik klasik internasional dan berjalan di jalan musik bersama istrinya yang punya impian menjadi seorang penyanyi.
- Ochoyan (2020, Sugisaki Hana) - tentang seorang gadis yang dibuang oleh sang ayah, menemukan keluarga yang sebenarnya saat ia menjadi pelayan dan kemudian menemukan impiannya untuk menjadi seorang aktris.
- Okaeri Mone (2021, Kiyohara Kaya) - tentang seorang gadis korban gempa dan tsunami Tohoku 2011 yang mencari apa yang ia bisa lakukan dalam hidupnya untuk membantu kampung halaman dan kemudian menemukan pekerjaan peramal cuaca sebagai jalan hidupnya.
- Come Come Everybody (2021, Kamishiraishi Mone, Fukatsu Eri, Kawaei Rina) - kisah 3 generasi heroine selama 100 tahun yang berhubungan dengan acara pelajaran bahasa inggris di radio, NHK English Course.
- Chimudondon (2022, Kuroshima Yuina) - tentang seorang gadis yang dibesarkan di Okinawa yang mempunyai impian menjadi seorang chef.
- Maiagare (2022) - tentang heroine yang punya impian menjadi seorang pilot tapi karena sesuatu hal ia tidak bisa menjadi seorang pilot. Tapi ia tidak menyerah menemukan cara agar ia bisa terbang di udara.
- Asadora dimulai tahun 1961 dengan durasi 20 menit per episode dan tayang setiap Senin-Jumat.
- Tahun 1962, stylenya berubah menjadi 15 menit per episode dan tayang setiap Senin-Sabtu pukul 8.15 pagi.
- Pada tahun 1975 asadora yang biasanya tayang sepanjang tahun, berubah menjadi 6 bulan untuk 1 judul.
- Pada tahun 2010, asadora mengubah jam tayang menjadi pukul 8 pagi.
- Asadora pertama yang tayang di NHK adalah Musume to Watashi (1961) yang dibintangi oleh Kitazawa Hyo.
- Musume to Watashi originalnya adalah sebuah radio drama yang ditayangkan di NHK ardio pada tahun 1958.
- Ashita no Kaze (1961, Watanabe Fumiko) adalah asadora pertama yang tayang selama 15 menit per episode setiap senin sampai sabtu.
- Ashita no Koso (1968) adalah asadora pertama yang tayang dengan berwarna, bukan hitam putih lagi.
- Asadora selalu tayang dengan rating tinggi, asadora-asadora awal rata-rata ratingnya adalah diatas 30%, bahkan beberapa asadora bertahan diatas 40%. Hal itu menunjukkan kepopuleran asadora pada masa awal tayang.
- Pada awalnya, asadora tayang setahun sekali (4 musim), tapi sejak tahun 1975, NHK memutuskan menayangkan asadora 2 judul dalam setahun (1 judul dalam 2 musim/6 bulan).
- Mizuiro no Toki (1975, Shinobu Otake) adalah asadora pertama yang tayang selama 6 bulan/2 musim.
- Romance (1984) adalah asadora pertama yang menggunakan theme song dimana lagu openingnya ada liriknya. Sebelum itu, OP asadora cuma musik tanpa lirik.
- Hirari (1992) adalah asadora pertama yang menggunakan penyanyi terkenal sebagai pengisi opening song.
- Dream Comes True adalah pengisi opening song pertama dalam sejarah asadora yang mengisi theme song 2 kali, yaitu Hirari (1992) dan Manpuku (2018).
- Oshin (1983, Kobayashi Ayako, Tanaka Yuko, Otawa Nobuko) adalah asadora ke-31, asadora dengan rating rata-rata tertinggi sepanjang masa, yaitu 52,6%. Kalau nggak salah sih Oshin juga dorama dengan rating tertinggi sepanjang masa, ada salah satu episodenya mendapat rating 62,9%. Oshin juga menjadi drama Jepang paling populer sepanjang masa dan tayang diberbagai negara, bahkan Indonesia. Pada saat Oshin tayang di TVRI, aku sempat menonton beberapa episode.
- Oshin tayang pada tahun 1983 dimana NHK sudah membuat format asadora tayang 2 judul dalam setahun, tapi karena kepopuleran Oshin, akhirnya drama tersebut tayang sepanjang tahun sebanyak 297 episode.
- Mayuko Hitori (1971, Yamaguchi Karin) adalah asadora dengan rating tertinggi ke-2 sepanjang masa yaitu 47,4%.
- Ai Yori Aoku (1972, Maki Hiroko) adalah asadora dengan rating rata-rata tertinggi ke-3 sepanjang masa yaitu 47,3%.
- Hanekonma (1986, Saito Yuki) adalah asadora terakhir yang mendapat rating diatas 40%, yaitu 41,7%.
- Kimi no Na Wa (1991, Suzuki Kyoka) adalah asadora pertama yang mendapat rating rata-rata dibawah 30%.
- Kimi no Na Wa dan Hashiranka (1995, Mikuni Kazuo) adalah asadora yang tayang selama setahun (4 musim) setelah Oshin.
- Karin (1993, Hosokawa Naomi) adalah asadora terakhir yang mendapat rating diatas 30%, yaitu 31,4%.
- Haruyo Koi (1994, Yasuda Narumi) adalah asadora pertama yang mendapat rating rata-rata dibawah 25%.
- Teru Teru Kazoku (2003, Ishihara Satomi) adalah asadora pertama yang mendapat rating rata-rata dibawah 20%.
- Rating rata-rata asadora sejak tahun 2003 sampai 2011 berada dibawah 20% dan merupakan masa kemunduran asadora. Meski sebenarnya rating itu termasuk masih tinggi, tapi tetap saja untuk ukuran asadora itu sudah sangat jauh dibawah rata-rata biasanya, karena asadora selalu terkenal dengan rating diatas 20%.
- Tsubasa (2009, Tabe Mikako) adalah asadora pertama dengan rating rata-rata dibawah 15%, yaitu 13,8%.
- Welkame (2009, Kurashina Kana) adalah asadora dengan rating rata-rata terendah sepanjang masa, yaitu 13.5%.
- Setelah Welkame tayang, Gegege no Nyobo (2010, Matsushita Nao) mampu menaikkan rating rata-rata menjadi 18,8% dimana salah satu episodenya memperoleh rating 23% yang merupakan rating per episode tertinggi sejak tahun 2003.
- Ohisama (2011) adalah asadora pertama dimana NHK memilih heroine tanpa audisi. Aktris yang terpilih adalah Inoue Mao. Ini adalah upaya NHK untuk menaikkan rating asadora kembali, dengan meng-cast heroine dari artis yang sudah populer. Ohisama memperoleh rating rata-rata 18,8%.
- Umechan Sensei (2011) adalah asadora pertama yang memperoleh rating rata-rata diatas 20% sejak tahun 2003, yaitu dengan rating rata-rata 20,7%. Horikita Maki menjadi heroine kedua asadora yang dipilih tanpa audisi.
- Amachan (2013, Nounen Rena / Non) adalah asadora yang sangat populer sampai menimbulkan social phenomenon di Jepang, meski ratingnya berada sedikit dibawah Umechan Sensei, yaitu 20,6%.
- Berkat asadora Amachan, daerah Sanriku, Tohoku, menjadi sangat populer dikunjungi turis. Penumpang kereta api mereka meningkat 50% dan bahkan terjadi peningkatan perekonomian daerah yang signifikan.
- Sejak tahun 2013, rating asadora cukup stabil diatas 20%, tapi kemudian asadora Mare (2015, Tsuchiya Tao) kembali mendapat rating dibawah 20%.
- Asa ga Kita (2015, Haru) yang tayang menggantikan Mare adalah asadora dengan rating rata-rata tertinggi sejak tahun 2003, yaitu 23,5%.
- Asa ga Kita merupakan asadora pertama yang membahas zaman Edo.
- Rating asadora stabil diatas 20% sejak Asa ga Kita, tapi kemudian asadora Scarlet (2019) mendapat rating dibawah 20% dan itu adalah asadora pertama yang mendapat rating dibawah 20% sejak 2015.
- Asadora Yell (2020) kembali mendapat rating diatas 20% tapi asadora penggantinya, Ochoyan (2021) kembali mendapat rating dibawah 20%.
- Asadora heroine yang di-cast tanpa audisi adalah Inoue Mao, Horikita Maki, Yoshitaka Yuriko, Anne, Arimura Kasumi, Hirose Suzu, Ando Sakura, Toda Erika, Kubota Masataka, Sugisaki Hana, Kiyohara Kaya, Fukatsu Eri dan Kuroshima Yuina.
- Meski tokoh utama asadora selalu seorang gadis, tapi ada juga asadora leadnya adalah seorang pria, yaitu asadora Romance (1984) yang dibintangi oleh Takaaki Enoki, Massan (2014) yang dibintangi oleh Tamayama Tetsuji dan Yell yang dibintangi oleh Kubota Masataka.
- Matsuzaka Tori dan Sakaguchi Kentaro adalah dua aktor yang punya kesempatan untuk menjadi pasangan heroine lebih dari 1 kali dalam asadora.
- Charlotte Kate Fox adalah asadora heroine pertama bermata biru alias non-jepang.
- Ada tradisi khas dari asadora yaitu 'baton pass/penyerahan baton' dari heroine asadora yang sedang tayang ke heroine asadora selanjutnya. Biasanya baton pass ini juga diikuti dengan pemberian kenang-kenangan yang biasanya adalah sesuatu yang khas dari asadora yang sedang mereka bintangi. Misalnya baton pass dari Mare ke Asa ga Kita, Mare memberikan cake (karena Mare tentang patissiere) dan Asa memberikan sempoa (karena Asa adalah gadis yang menyukai berhitung).
- Sejak asadora Yell (2020) hari tayang asadora mengalami perubahan, yang biasanya tayang 6 kali seminggu menjadi 5 kali seminggu.
- Asadora Come Come Everybody adalah asadora pertama NHK Osaka yang mengambil kisah original story sejak Gochisousan tahun 2013. Biasanya NHK Osaka menggunakan based on true story.
- Come Come Everybody juga merupakan asadora pertama dengan 3 heroine.
Aku mulai menonton asadora sejak tahun 2015, yaitu asadora Amachan. Alasan aku mencobanya saat itu adalah karena aku penasaran, kenapa aktris dan aktor yang aku suka, setiap melihat filmography-nya, pasti ada asadora Amachan. FYI, saat itu aku ngefans banged sama Masahiro Higashide, Fukushi Sota, Hashimoto Ai dan Nounen Rena. Tapi saat itu aku masih belum tahu kalau Amachan adalah sebuah asadora, yang aku tahu itu drama 156 episode dan aku berfikir aku nggak akan sanggup menontonnya. Tapi aku beneran suka Nounen Rena di Hot Road dan karena memang banyak aktor yang aku suka main disana, akhirnya aku memberanikan diri mendownloadnya.
Tapi setelah download, aku nggak langsung nonton, aku masih ragu HAHAHAHAHHAA.
Kalau nggak salah, aku mulai nonton Amachan itu pas aku sakit seminggu, aku nggak bisa bangun dan bosan banged. Jadinya, aku memindahkan file Amachan ke handphone dan menonton dari handphone. Aku ketagihan HAHAHHAHAAHA.
Aku sempat hiatus sejenak dari asadora dan mulai lagi tahun 2016, karena Yamazaki Kento (Mare) LOL. Aku rasa sejak menonton Mare, aku mulai perlahan menonton asadora lagi dan dan sampai saat ini aku sudah menyelesaikan 24 judul asadora.
Berikut sedikit tentang asadora yang sudah pernah aku tonton, mulai dari asadora pertama aku tonton sampai yang baru aku selesaikan.
Story: Tentang seorang gadis yang bernama Amano Aki, yang pindah ke kampung halaman ibunya di Kitasanriku, Tohoku bersama ibunya. Neneknya adalah seorang penyelam wanita dan Aki tertarik menjadi penyelam wanita. Ia berteman dengan Adachi Yui yang punya impian menjadi idol. Ia mendukung impian temannya itu mereka membentuk duo Shiosai no Memory dan menjadi populer. Aki kemudian pindah ke Tokyo untuk menjadi idol yang sesungguhnya, ibunya menjadi managernya. Tapi saat terjadi Tsunami di Tohoku, Aki kembali ke Kitasanriku.
[Baca Review Lengkapnya Disini]
Apa yang membuat drama ini menarik?
- Castnya. Bisa aku bilang wajah para cast dalam asadora ini sangat familiar bagi yang sudah sering menonton drama Jepang. Jadi mencoba asadora demi castnya, asadora ini cocok.
- Ceritanya ringan. Dari kebanyakan asadora yang aku tonton, Amachan termasuk asadora yang ringan dan mudah diikuti.
- Dengan kemampuan Kudo Kankuro sang penulis, ini drama asik diikuti dengan komedi dimana-mana, tapi bermakna.
- Karena ini berhubungan dengan dunia idol, jadi pasti gampang dimengerti.
- Nounen Rena sangat pandai memerankan karakternya, dia gadis lugu, tapi juga bisa memberontak. Teman yang seusia dengan Aki hanyalah Yui, tapi Aki juga berteman dengan para ibu yang tinggal di desa.
- Shiosai no Memory adalah grup idola yang keren banged, aku yakin kalian akan suka.
- Opening Song-nya lucu, kalau kalian menonton tanpa skip opening song, aku yakin itu lagunya nggak akan bisa hilang dari kepala, bikin pengen joged HAHAHHAHAHHA.
- Pemandangannya indah. Rumah neneknya Aki dekat dengan laut, jadi sudah pasti pemandangan lautnya akan terasa banged. Apalagi awalnya Aki jadi penyelam, jadi ada pemandangan bawah laut juga.Mare
Story: Tsumura Mare adalah anak pertama dari 2 bersaudara. Ayahnya sangat suka bermimpi dan berbisnis, membuat keluarga mereka jatuh miskin. Mereka dalam pelarian dan tiba di daerah Noto. Ibunya memutuskan kalau mereka tak akan lari lagi dan akan tinggal di desa itu selamanya. Mereka dibantu oleh pasangan suami istri yang menyewakan mereka rumah untuk tinggal. Mare mulai tinggal disana dan berkenalan dengan teman-teman Noto, mereka bersahabat sampai SMA. Tapi kemudian ayahnya kabur meninggalkan mereka. Karena ayahnya, Mare jadi tidak mau punya impian, ia ingin hidup tenang dan bekerja sebagai pegawai negeri yang gajinya stabil. Tapi Mare sejak dulu memang suka membuat cake dan pertemuannya dengan neneknya (Ibu dari ibunya) membuat Mare berfikir kalau ia ingin menjadi patissiere.
Mare berangkat ke Yokohama demi impiannya menjadi patissiere. Ia melalui segala rintangan dengan baik. Saat ia menikah, Mare harus kembali ke kampung halamannya karena suaminya sedang dalam kesulitan. Ia berhenti dari pekerjaannya dan fokus menjadi ibu rumah tangga. Tapi sang suami tetap ingin sang istri meneruskan impiannya. Mare kemudian membuka sebuah toko kue di Noto dengan bantuan keluarga dan teman-temannya.
[Baca Review Lengkapnya Disini]
Apa yang membuat drama ini menarik?
- OST. Mare adalah asadora dengan OST terbaik yang pernah aku tonton dan itu masih belum berubah sampai sekarang.
- Cake. Yang suka kue perancis, ini drama yang sangat cocok ditonton, melihat bagaimana Mare membuat cake dari bahan sederhana sampai cake dari bahan yang bagus.
- Yamazaki Kento. HAHAHAHAHHA. Ya, pasti banyak fans Yamazaki Kento kan? Nah, ini drama yang sangat cocok untuk ditonton, karena Yamaken disini cowok bangeeeeeed!!! Kapan lagi bisa liat Yamaken jadi suami dengan 2 anak kembar? HAHAHHAHHA
- Wajima-nuri. Mengenal lebih dekat mengenai pernis wajima, disini peran Yamaken adalah pengrajin pernis wajima.
- Ceritanya mengalir dengan baik, dari awal sampai akhir betah banged menontonnya dan puas banged deh, 156 episode lho, nggak ada yang tanggung kalau di asadora HAHAHHAHA.
- Persahabatan para tokoh. Disini persahabatan 5 sahabat kental banged, meski diantara mereka ada cinta segitiga juga, tapi nggak terlalu diperlihatkan sih, karena fokusnya ke Mare.
[Baca Review Lengkapnya Disini]
Apa yang membuat drama ini menarik.
- Makanan. Dari judulnya saja kita sudah tahu kalau tema drama ini adalah makanan, jadi siap-siap saja laper saat menonton drama ini, karena Meiko suka memasak berbagai makanan. Tapi sebenarnya drama ini lebih fokus ke bagaimana Meiko menyajikan makanan untuk leluarganya saat bahan makanan sedikit.
- Anne. Anne sebagai Meiko adalah salah satu asadora heroine favorite-ku, melihat bagaimana dia menikmati makanan, bagaimana dia makan aduuuuh, jadi laper. Karakternya disini juga lucu banged.
- Ini adalah asadora dengan latar perang dunia II yang aku tonton, awalnya aku ragu, ternyata aku bisa mengikutinya dengan baik.
- Perjuangan hidup Meiko dan makanan sangat mengharukan.
- Dulu, OTP asadora ini adalah salah satu alasan kenapa aku pengen re-watch ulang, tapi sejak Higashide selingkuh, duh, jadi males nonton asadora ini. Dalam asadora ini karakter suami heroine juga selingkuh lho, kasihan banged Anne.
Sumire hamil saat perang dunia II dan suaminya harus meninggalkannya untuk berperang. Sumire dan bayinya berhasil selamat dari perang dan harus bertahan sendiri. Untuk memberi makan anaknya, ia harus bekerja, tapi Sumire adalah gadis keluarga kaya yang tidak bisa melakukan apapun selain menyulam. Pertemuannya dengan 2 sahabatnya saat SMA mengubah hidupnya. Mereka yang sama-sama menanti kepulangan suami dari perang, mulai membuat sesuatu untuk dijual. Dengan bantuan kakak Sumire dan suaminya, mereka mulai membuat pakaian anak-anak dan akhirnya mengembangkan bisnis mereka menjadi sebuah perusahaan.
[Baca Review Lengkapnya Disini]
Apa yang menarik dari drama ini?
- Drama yang tenang dan menyejukkan jiwa, terutama suara dari naratornya, Konno Miho, yang merupakan ibu dari Sumire.
- Gadis dari keluarga kaya yang tidak bisa apa-apa, tapi berhasil melakukan sesuatu demi anaknya. Mereka berempat memulai bisnis tanpa tahu apa-apa, mereka hanya membuat sesuatu yang bisa mereka buat, mereka benar-benar mulai dari 0 tapi mereka berkembang dengan pesat karena kebaikan mereka.
- Semangat para ibu demi anak-anak mereka. Disini diperlihatkan sekali bagaimana para ibu akan melakukan apa saja demi anak mereka, ide ceritanya juga bagus, orang mungkin tak akan membeli sesuatu untuk dirinya, tapi untuk anak, mereka akan membelinya.
- Bisnis yang benar-benar dimulai dari 0, menumpang di toko orang, membuka toko sendiri, membuka perusahaan sendiri sampai perusahaan itu sangat besar.
- Furukawa Yuki!! HAHAHAHHA, jujur saja, aku sudah punya pikiran untuk drop drama ini, tapi kemudian Yuki jadi cast, seneng banged XD
- Osamu Mukai aja udah membuat dramanya menarik lol.
- Ini adalah kisah nyata pepatah yang mengatakan dibalik kesuksesan seorang suami, ada istri yang dengan setia mendukungnya.
- Istri tokoh utama disini benar-benar tipe istri yang setia, meski suaminya mudah marah, dingin, yang ada dipikiran cuma manga dan manga, keras kepala, tapi istrinya benar-benar mendukung pekerjaan suami dan percaya pada suaminya.
- Aku menyukai bagaimana di real life, mangaka itu pernah mengatakan kalau hanya istrinya lah yang bisa mengerti dirinya, ia tak akan menemukan wanita lain yang bisa mengerti akan dirinya.
- Sangat sulit menerima kekurangan seseorang, tapi Fumie disini benar-benar sabar dan mendukung suami, pokoknya keren banged.
- Kalau ceritanya jangan ditanya, ini adalah kisah kesuksesan seseorang yang terus gagal dan gagal.
- Berbeda dengan heroine asadora yang terkesan polos, lembut dan pure, heroine dalam asadora ini terkesan keras dan bukan tipe yang manis, bukan tipe heroine biasanya.
- Heroine dalam asadora ini bahkan sempat berselingkuh dengan suami orang dan bisa aku bilang kalau heroine disini adalah salah satu yang nggak aku sukai, tapi disitulah menariknya.
- Melihat bagaimana dunia fashion zaman perang dunia sangat menarik untuk diikuti, bagaimana heroine membuka tokonya, bagaimana ia menghadapi costumer, melindungi apa yang menjadi jalan hidupnya.
- Bagaimana seorang janda membesarkan 3 orang anak perempuannya juga menarik untuk diikuti. Karena anak-anaknya punya kepribadian yang berbeda.
- Ini adalah asadora dimana kita diperlihatkan sampai heroine menghembuskan nafas terakhirnya. Uniknya, saat ia mendapat tawaran kisahnya menjadi asadora juga diceritakan disini.
- Inoue Mao. Karakter Sudo Yoko disini cocok sama Mao yang membawa kesan kalem, lembut, senyumannya menyegarkan hati.
- Kalau mau liat Nakagawa Taishi kecil, disini tempatnya. Masih imut banged. Aku rasa saat itu dia belum dikenal karena subbernya bahkan salah ngasih nama dia hahahhahha.
- Ini kisah seorang gadis yang sangat dicintai suami dan mertuanya, aku suka bagaimana mertuanya menyayanginya seperti anak sendiri. Mereka nggak menyuruh dia berhenti kerja meski sudah punya bayi, bahkan suaminya datang ke sekolah dengan bayinya jika bayinya pengen menyusu. Pokoknya keluarga suaminya mendukung banged.
- Ini juga kisah persahabatan. Heroine punya 3 sahabat disini dan sangat mengharukan mereka tetap bersama-sama sampai tua nantinya, meski ya dipertengahan ada banyak masalah tapi mereka berhasil mempertahankan persahabatan mereka.
- Meski pada akhirnya demi anak heroine berhenti bekerja, tapi jiwa seorang gurunya tidak menghilang sampai ia tua.
- Okinawa. Keindahan Okinawa yang tiada duanya, sayang ini drama tahun 2000an jadi kualitasnya gambarnya nggak terlalu bagus.
- Ini adalah kisah yang unik dari keluarga Okinawa, semua anggota keluarga punya karakter yang unik dan menarik untuk diikuti.
- Ini adalah asadora yang populer pada masanya, banyak yang menyukai heroine asadora ini dan kalau ada voting asadora atau heroine, Churasan pasti masuk.
- Kisah buk perawat dan seorang dokter mengingatkanku pada Itazura na Kiss HAHAHHHA.
- Tokoh utama saat di Tokyo tinggal di sebuah share house/rumah kos yang anggota kosnya unik-unik. Aku suka saat mereka sering berkumpul.
- Kisah kakak adik dalam drama ini dibahas cukup dalam dan aku suka hubungan antara heroine dan adik laki-lakinya.
- Yamada Takayuki masih imut banged disini, pas pertama nonton aku nggak percaya itu dia HAHAHHAHA.
- Deretan castnya, liat aja, cast terkenal semuanya aduh. Makanya wajib banged nonton drama ini.
- Kalau kalian suka drama masa lalu dengan tema bahasa inggris, ini drama yang cocok.
- Kisah kehidupan heroine disini lengkap dibahas, mulai dari masa kecilnya, persahabatannya, kisah cintanya, masalah adik-adik-nya, keluarganya.
- Aku suka bagaimana heroine sangat suka belajar dan sang ayah mendukungnya untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi. Bagaimana awalnya ia jadi membenci bahasa inggris karena ia tidak mengerti tapi kemudian ia berakhir mencintainya.
- Kisah cinta Hana disini menarik, bagaimana teman masa kecilnya selalu mencintainya dan bagaimana ia mencintai seseorang yang seharusnya tidak boleh ia cintai, bagaimana mereka bersatu, bagaimana mereka menghabiskan masa-masa tua mereka.
- Kubota Masataka disini menjadi teman masa kecil Hana yang menyukainya sejak minggu pertama drama ini dan ia sama sekali tidak menyerah. Ia sama seperti Hana yang berasal dari keluarga miskin dan aku rasa itu pengaruh dari semangat Hana membuatnya belajar dan belajar sampai akhirnya ia menjadi seorang guru nantinya.
- Ini adalah asadora ongoing pertama yang aku ikuti dan aku sama sekali tidak menyesalinya. Ceritanya sebenarnya sederhana tapi tidak membosankan.
- Kalau di kebanyakan asadora, heroine berjuang untuk menjadi sesuatu, di Hiyokko ini heroine-nya tidak ingin menjadi sesuatu, dia cuma ingin menjalani hidup dengan baik, dengan bekerja sepenuh hati.
- Arimura Kasumi cantik banged disini, aku yang biasanya protes sama aktingnya, disini dia bagus banged. Karakternya juga lovable.
- Ini kisah yang menghangatkan hati antara keluarga, persahabatan para tokoh, dengan orang-orang yang ia kenal di Tokyo.
- Menonton drama ini membawa kenangan masa muda bagi mereka yang masa mudanya ada di tahun 1964.
- Kebanyakan heroine asadora produksi NHK Tokyo punya perasaan yang kuat kalau mereka ingin ke Tokyo untuk menggapai impian, berbeda dengan asadora ini, heroine awalnya tidak menyukai Tokyo tapi lama kelamaan merasa kalau Tokyo adalah rumahnya.
- Ini adalah asadora slice of life yang tidak banyak konflik di dalamnya. Keseharian heroine sebagai seorang pelayan, juga sebagai anak muda, hubungannya dengan para tokoh, sangat menarik untuk diikuti.
- Meski rating asadora ini biasa saja, tapi asadora ini memulai dengan rating dibawah 20% sampai akhirnya berhasil bertahan diatas 20%. Ini termasuk asadora yang disayangi di Jepang, bahkan mendapat season 2 ditahun berikutnya.
- Kalau kalian suka drama tema anak muda tahun 1960-1970an, maka ini drama yang cocok untuk ditonton.
Apa yang menarik dari drama ini?
- Ceritanya berbeda dengan asadora yang biasanya, karena tokoh utamanya adalah orang asing. Meski awalnya agal aneh nontonnya karena bahasanya campur antara Jepang dan Inggris, tapi seru.
- Kita bisa melihat bagaimana proses pembuatan wiski disini, bagaimana wiski yang bagus dibuat tidak semudah itu dan bagaimana minuman itu bisa diakui oleh lidah orang jepang yang saat itu masih menyukai sake sebagai alkohol.
- Massan juga memperlihatkan bagaimana orang asing dulunya nggak disukai di Jepang, apalagi pernikahan dengan orang asing adalah tabu pada masa itu, tapi sang hero sama sekali nggak menyerah, bahkan memutuskan hubungan dengan keluarganya demi istrinya.
- Juga sang istri yang berusaha keras menjadi istri yang baik, bagaimana menjadi istri pria Jepang, belajar bahasanya, belajar memasak, belajar banyak hal. Ia kesulitan tapi ia sama sekali tidak menyerah.
- Skinship dalam pasangan asadora biasanya nggak terlaku banyak, beda dengan drama biasa. Tapi di Massan ini, pas pertama aku nonton, aku merasa kalau chemistry mereka itu bagus sekali, mereka juga beneran terlihat seperti pasangan suami istri, skinshipnya itu lho.
- Kisah cinta mereka juga menarik untuk diikuti, sejak awal kita penasaran kok mereka bisa jatuh cinta, kok pria itu segitu cintanya sama istrinya dan kok heroinenya nggak ada keraguan meninggalkan tanah kelahiran demi ikut suami, pokoknya keren.
Apa yang menarik dari drama ini?
- Asa ga Kita adalah salah satu asadora terbaik sepanjang masa. Jangan ditanya kenapa, tonton aja, pasti tahu kenapa asadora ini terbaik.
- Kisahnya sama sekali tidak membosankan dari episode 1 sampai episode terakhir, para tokoh punya keunikan masing-masing, kisah mereka menarik untuk diikuti.
- Tamaki Hiroshi disini menjadi suami nggak guna, selalu pergi main keluar, jarang di rumah, bisnis ia serahkan pada istrinya, tapi sebenarnya itu karena ia tahu istrinya suka berbisnis dan memberikan kesempatan pada istrinya. Saat dibutuhkan, dia juga bisa diandalkan. Tapi sumpah pas nonton drama ini, melihat karakter dia awalnya itu bikin kesal, tapi lucu.
- Kisah kakak adik disini menarik diikuti, melihat bagaimana perbedaan kepribadian keduanya, sama-sama menikah ke keluarga berada tapi nasib mereka berbeda satu sama lain. Kakaknya sempat menghilang dan akhirnya ditemukan. Meski hidup susah, tapi kakaknya lebih bahagia menjadi petani daripada dulu saat keluarga suaminya masih kaya.
- Melihat bagaimana heroine sebagai pebisnis wanita menarik untuk diikuti, mengingat pada masa itu wanita diremehkan tapi heroine disini berhasil mendapatkan kepercayaan demi kepercayaan dalam berbisnis. Ide-idenya juga bagus dalam berbisnis.
- Tidak hanya kisahnya, kisah anak heroine juga diceritakan disini, bagaimana anaknya tidak punya passion yang sama dengan sang ibu dan hanya ingin menjadi ibu rumah tangga biasa.
- Jika dalam asadora lain diperlihatkan bagaimana dibalik kesuksesan suami ada istri yang mendukungnya, maka dalam drama ini diperlihatkan dibalik kesuksesan seorang istri ada suami yang setia mendampinginya.
- Ini adalah asadora dengan rating tertinggi sejak tahun 2000, bahkan sampai sekarang belum ada asadora yang bisa mengalahkan rating rata-ratanya. Pasti karena sebagus itu kan ya?
Apa yang menarik dari drama ini?
- Bagi yang menyukai musik jazz, ini asadora yang bagus untuk diikuti.
- Kalau kalian suka asadora dengan cerita yang makjang, maka kalian harus mengikuti asadora ini. Makjang dalam artian heroinenya selalu menghadapi masalah ini dan itu, dan masalahnya juga cukup berat sih, kayak drama-drama korea.
- Drama ini mengisahkan bagaimana heroine masih bisa berjalan di jalan musik meski ia tidak sekolah musik, masih ada jalan lain yang bisa ia lalui untuk tetap terus bermain musik jazz.
- Aku kurang menyukai heroine dalam asadora ini yang terkesan egois dan sejujurnya ini bukan tipe asadora yang aku bisa nikmati. Terlalu banyak kesedihan.
- Tapi bagi fans Miyazaki Aoi, ini wajib ditonton sih.
Apa yang menarik dari drama ini?
- Drama ini sangat menarik, mengenal hal baru yang namanya rakugo, salah satu seni bercerita di jepang, seperti mendongeng tapi dengan cara tradisional dan ceritanya biasanya sesuatu yang lucu. Pemain Rakugo biasanya punya suara yang unik dalam bercerita, gayanya juga unik tapi tetap mengenakan pakaian tradisional.
- Drama ini banyak komedinya dan itu sangat menghibur.
- Melihat bagaimana satu-satunya murid perempuan dikelilingi oleh seniornya yang semuanya laki-laki, Kiyomi-B merasa sangat disayangi disana, ya meski awalnya mereka semuanya menyebalkan sih. Tapi aku suka melihat interaksi mereka pada adik kelas yang mereka sayangi.
- Kisah cintanya juga bikin baper disini, ini termasuk asadora yang kisah cintanya bikin aku senyam senyum sendiri. Ya bisa ditebaklah siapa yang jadian sama siapa, tapi perjalanannya lumayan panjang. Ada patah hati juga, nggak mau mengakui perasaan, ya gitu deh.
- Kisah Kiyomi A dan Kiyomi B juga menarik untuk diikuti, bagaimana Kiyomi A selalu mendapatkan yang terbaik dan Kiyomi B selalu mendapatkan yang terburuk, padahal Kiyomi A itu baik sama Kiyomi B, cuma dia benci aja karena itu anak yang merebut semuanya darinya, selalu merasa dibandingkan, ya dia kesal aja sama A. Tapi setelah mereka dewasa banyak yang berubah sih.
- Ini adalah salah satu asadora terbaik yang pernah aku tonton.
Apa yang menarik dari drama ini?
- Bagi yang belum pernah menonton drama ini dan kangen sama akting Horikita Maki, maka tontonlah drama ini. Bagus.
- Aku suka sekali opening songnya yang dinyanyikan oleh SMAP dan video opening songnya dari kerajinan lilin gitu.
- Heroine dalam drama ini nggak punya kelebihan seperti dua kakaknya, semua meremehkannya saat ia memutuskan menjadi dokter karena ujiannya sangat sulit, tapi setidaknya ada satu orang yang mendukungnya sepenuh hati.
- Melihat perjuangan gadis yang lamban dan pekerja keras seperti Umeko benar-benar menyentuh hati, ia menyadari kelemahannya dan ia berjuang dua kali lipat dari yang lain. Ia juga nggak punya impian menjadi dokter hebat atau semacamnya, makanya ia memutuskan membuka klinik saja dekat rumah, ia lebih suka mengobati masyarakat yang tidak punya uang untuk ke rumah sakit.
- Matsuzaka Tori adalah suami heroine dalam drama ini dan bagaimana keduanya bersatu itu lucu sekali. Mereka teman masa kecil yang benar-benar nggak tertarik satu sama lain waktu kecil karena sibuk memikirkan impian mereka, tapi akhirnya mereka dipersatukan dengan cara yang tidak terduga.
- Kisahnya bukan hanya tentang heroine, tapi juga tentang keluarga mereka, hubungan menantu dan mertua dalam drama ini juga lucu banged.
- Kalau kalian mencari asadora dengan gentle story, sesuatu yang lembut, maka asadora ini cocok banged. Horikita Maki disini lembut banged deh pokoknya.
Apa yang menarik dari drama ini?
- Aku sebenarnya tidak menyangka kalau asaodra ini sebagus itu, padahal pas awal nonton low expectation banged.
- Aku menyukai asadora ini karena temanya unik, bersahabat dengan kuda. Karena kuda Jonko ini aku banyak menangis saat menonton asadora ini. Hubungan heroine dan kuda Jonko sangat unik, meski satu manusia dan satu adalah hewan, mereka berdua punya ikatan batin dan saling mengerti satu sama lain.
- Disini kita diperlihatkan bagaimana kuda racing/kuda balap itu, bagaimana mereka dilatih, bagaimana mereka dirawat, apa yang akan terjadi jika mereka nggak bisa balapan lagi, bagaimana akhir dari hidup mereka. Pokoknya menyentuh sekali.
- Kalau mau lihat Haruma Miura kecil, maka tonton asadora ini, dia masih imut banged disini dan jadi 2nd lead male dalam hidup heroine.
- Aku suka kisah cinta dalam asadora ini, nggak tau kenapa aku baper sama heroine dan pasangannya. Mereka itu tipe yang nggak langsung jadi diawal, banyak rintangan dan halangannya sampai perasaan heroine bersambut.
- Kisah keluarga disini juga mengharukan, heroine nggak punya banyak impian, dia cuma pengen keluarganya tinggal satu rumah lagi. Tapi keadaan membuat semua anggota keluarga berpisah dan itu tu sedih banged.
Apa yang menarik dari drama ini?
- Perjuangan seorang kakak perempuan menggantikan sang ayah menjadi kepala keluarga.
- Sangat mengharukan melihat dia benar-benar memastikan adik-adiknya lulus sekolah dengan baik, bertemu dengan orang baik, menikah ke keluarga yang baik.
- Sebenarnya ibu dan adiknya juga tidak mau kakaknya menanggung beban keluarga mereka, mereka juga berharap kakaknya menemukan kebahagiaannya sendiri tapi kebahagiaan heroine adalah kebahagiaan keluarganya, jadi ya gitu.
- Ini adalah asadora dimana heroinenya memilih melajang seumur hidupnya.
- Kisahnya membuat perusahaan penerbitan sendiri juga menarik untuk diikuti, bagaimana perjuangannya membuat majalah bersama rekan kerjanya, mengumpulkan materi, mulai dari 0 sampai perusahaannya benar-benar sukses. Karena pada masa itu wanita yang bekerja masih diremehkan, jadi ia kesulitan karena hal itu.
- Kisah cinta dalam asadora ini juga bikin gemes dan memang baper sih, dipertemukan dua kali, jatuh cinta dua kali, hampir jadi dua kali. Tapi setidaknya heroine tidak pernah tertarik pada laki-laki selain pria itu.
- Lagu opening song asadora ini adalah favoriteku sepanjang masa.
Apa yang menarik dari drama ini?
- Asadora ini adalah salah satu asadora dengan pemandangan alam terindah yang pernah aku tonton. Mungkin karena temanya adalah wisata, jadi memang keindahan alamnya juga diperlihatkan dengan baik. Dan lagi rumah heroine ada di bukit gitu, jadi adem banged pemandangannya.
- Asadora ini membahas wanita karir, hubungan ibu dan anak perempuan, ayah dan anak perempuan.
- Kisah cinta heroine juga menarik untuk diikuti, dimana heroine jatuh cinta pada teman masa kecilnya dan mereka bahkan sudah berencana untuk menikah tapi ia ditinggalkan sehari sebelum pernikahan. Itu tu sakit banged.
- Ini adalah salah satu asadora dimana heroine jadian dengan 2nd lead-nya, meski 2nd leadnya muncul lebih awal dari 1st lead.
Apa yang menarik dari drama ini?
- Matsuzaka Tori menjadi suami heroine lagi dalam drama ini setelah Umechan sensei dan itu adalah pertama kalinya dalam sejarah asadora, jadi menurutku keren banged.
- Melihat bagaimana perusahaan agensi zaman dulu sangat menarik, mereka mulai dari 0 lho, membeli lahan, mencari artisnya dan lain-lain. Tapi pada masa itu perusahaan agensi nggak cuma menaungi para artis, tapi juga membuat tempat dimana para artis bisa tampil. Karena dulu lebih ke seni pertunjukan panggung.
- Hirose Alice dalam drama ini keren banged, dia menjadi saingan heroine sejak awal.
- 2nd lead dalam drama ini bikin baper parah, dia adalah seseorang yang selalu mendukung heroine sejak awal mereka dijodohkan, bahkan setelah perjodohan ditolak heroine, dia tetap mendukung impian heroine, bahkan setelah heroine kehilangan suaminya, dia tetap berada disamping heroine. Sayangnya mereka tetap tidak bersatu, tapi aku akui, 2nd lead disini benar-benar seseorang yang selalu ada untuk heroine.
- Aura positif dari heroine disini membuat suasana cerah, apalagi Aoi Wakana memang kalau senyum itu bawaannya ceria aja gitu.
- Heroine dikelilingi oleh orang-orang yang menyayanginya karena heroine memang orang yang baik pada semua orang, jadi saat perusahaan mereka memulai sekali lagi dari awal, ia banyak mendapatkan bantuan dan dukungan.
Apa yang menarik dari drama ini?
- Nagano Mei, Satoh Takeru, Nakamura Tomoya, tiga nama itu saja sudah membuat tertarik menonton asadora ini. Bagi fans ketiganya, ini drama yang wajib kalian tonton.
- Ini adalah kisah heroine yang harus menempuh jalan lain karena kekurangannya dan menemukan kalau dirinya tidak berbakat disana. Kisah yang mengharukan dan menyakitkan sebenarnya.
- Persahabatan juga dibahas dalam drama ini, bagaimana 3 orang mangaka memulai karir menjadi asisten sampai mereka debut dengan manga mereka sendiri.
- Dan tentu saja kisah cinta antara heroine dan teman masa kecilnya, dilihat dari sisi manapun keduanya sudah berjodoh sejak kecil, lahir dihari dan tempat yang sama, teman sejak saat itu, tapi sampai mereka dipersatukan kembali jalanannya itu amat panjang dan berliku.
- Sayangnya sifat heroine disini agak menyebalkan, jujur saja aku kurang suka karakter Nagano Mei disini.
- Nakamura Tomoya disini imut banged, ini pertama kalinya aku menonton dramanya dan aku langsung suka.
- Opening song asadora ini adalah salah satu opening song yang unik dan aku suka, terutama video klipnya.
Apa yang menarik dari drama ini?
- Ini adalah perjalanan bagaimana pertama kalinya mi instan dalam cup ditemukan, kalau di Indonesia merk populer adalah Pop Mie lol.
- Tokoh utama pria disini memiliki ide-ide yang aneh dimana nggak banyak orang yang yakin dengan idenya itu. Tidak mudah baginya untuk akhirnya menemukan ide membuat mi instan dalam cup, penelitian demi penelitian, bagaimana akhirnya produk itu diterima masyarakat adalah perjalanan yang menarik untuk diikuti.
- Narrator asaodra ini adalah Ashida Mana, suaranya itu enak banged di dengar, menjelaskan tentang apa yang terjadi dalam dramanya setiap episode.
- Pasangan Hasegawa Hiroki dan Ando Sakura cute banged disini, mereka pasangan suami istri yang menurutku memang kelihatan seperti suami istri, nggak kaku satu sama lain.
- Tapi yang membuat drama ini lebih menarik dan lucu adalah Matsuzaka Keiko, ibu heroine, menantu dari pemeran utama pria. Karakternya sebagai ibu disini lucu sekali, dia tipe ibu yang nggak biasa kerja, kerjaannya mengkhawatirkan anak-anaknya, terutama heroine dan suami, selalu berfikir negatif kalau menantunya mau melakukan sesuatu. Pokoknya karakternya disini sangat menghibur.
Apa yang menarik dari drama ini?
- Melihat deretan castnya saja sudah sangat menarik, lihat aja sederetan nama-nama populer dalam drama ini.
- Ini adalah drama yang memang sangat spesial bagi NHK dan promosinya nggak main-main, karena ini adalah asadora ke-100 dan Hirose Suzu sendiri dipilih tanpa audisi.
- Kisah animator pada masa awal-awal film animasi sangat menarik untuk diikuti, bagaimana mereka membuat film dari gambar-gambar yang mereka gambar menggunakan tangan. Pake kertas lho, membuat ribuan gambar, keren banged.
- Pemandangan Hokkaido sangat menyejukkan mata. Meski lokasi utamanya ada di Tokyo, tapi di episode awal dan beberapa episode di pertengahan saat heroine pulang kampung, mata dimanjakan dengan pemandangan Hokkaido. Sebenarnya aku nggak puas sih, tapi sudah cukup bagus untuk memperlihatkan keindahan alam Tokachi, Hokkaido.
- Kisah keluarga disini dibahas cukup dalam, antara anak angkat dan orang tua angkat, dengan saudara angkatnya. Mereka memang mengangkat heroine sebagai anak tapi tidak mengubah nama asli heroine karena mereka nggak mau heroine kehilangan nama keluarga yang sama dengan nama kakak dan adiknya. Ia diperlakukan seperti anak kandung oleh orang tuanya dan saudara tirinya juga tidak iri sama sekali. Pokoknya keluarga angkatnya itu baik sekali. Bahkan kakeknya lebih dekat dengannya daripada dengan cucu kandung.
- Kisah kakak adik disini juga menarik untuk diikuti, bagaimana mereka berpisah karena ia harus diadopsi, lalu bagaimana ia dibantu oleh teman lama kakaknya untuk mencari saudaranya yang hilang. Meski ia sibuk dengan dunianya, ia tidak pernah melupakan saudara kandungnya meski ia tak tahu mereka ada dimana. Mereka dibesarkan di keluarga berbeda lebih lama daripada saat mereka bersama-sama, tapi mereka selalu mengingat satu sama lain.
- Ini adalah pertama kalinya asadora yang aku tonton menggunakan format berbeda dengan asadora sebelumnya dimana tokoh utama wanita/heroine jadian dengan seseorang yang muncul di pertengahan drama. Menurutku agak aneh, tapi ya memang bagus sih dibuat nggak tertebak.
- Dalam drama ini ada karakter animator Studio Ghibli, Miyazaki Hayao dan Takahata Isao, meski NHK tidak resmi mengumumkan itu karakter mereka, tapi ya tahu lah fans, cepat kalau nyari tahu hal yang seperti itu.
Apa yang menarik dari drama ini?
- Fans Sugisaki Hana wajib menonton drama ini. Aktingnya sangat bagus disini. Karakternya memang penuh teriakan, tapi itu yang bikin seru.
- Ini adalah perjalanan panjang seorang gadis menjadi aktris panggung dimana perjalanan hidupnya penuh lika dan liku. Selama menonton asadora, ini adalah asadora dimana heroinenya mendapat banyak masalah dalam hidup, satu per satu bermunculan saat ia mulai bahagia. Bisa dibilang asadora dengan heroine paling tanggung sih menurutku.
- Ia kehilangan ibu saat masih kecil, harus merawat adiknya, ayahnya membuangnya, ia menjadi pelayan, saat hidupnya membaik ayahnya selalu datang menganggu, ia berjuang menjadi aktris dimana pada masa itu tidaklah mudah menjadi aktris wanita, saat mereka sukses perang terjadi, kemudian saat mereka menata kembali suaminya selingkuh, saat ia melarikan diri dan muak dengan semuanya, wanita yang dulu menjadi alasan ia dibuang datang kembali dalam hidupnya. Pokoknya memang tangguh heroine dalam asadora ini.
- Kamu akan menangis tiap minggunya, dijamin. Kalau nonton asadora ini, harus siapin tisu yang banyak. Asadora memang sedih, tapi yang ini levelnya beda.
- Dalam drama ini akan diperlihatkan awal mula dari asadora, dimana heroine-lah yang pertama menjadi aktris yang bermain dalam radio drama yang kelak kita kenal dengan asadora. Melalui drama itu dia sangat populer sampai dipanggil ibu Osaka, karena dia berperan sebagai ibu dalam radio drama itu.
- Wanita tangguh. Tapi aku nggak puas dengan endingnya bersama suaminya. Seharusnya dia nggak memaafkan suaminya sih.
Apa yang menarik dari drama ini?
- Drama ini dibuat berdasarkan kisha hidup komposer ternama Jepang yang berhasil membuat 5000 lagu selama hidupnya, ia adalah pencipta lagu Rokko Oroshi yang menjadi lagu tema tim baseball Jepang, juga lagu tema universitas Waseda, lagu tema pertandingan Koshien dan lagu pembuka olimpiade Tokyo 1964.
- Kisah pasangan suami istri yang berjalan di jalan menuju impian mereka, saling mendukung satu sama lain, tidak menyerah dengan keadaan, apalagi chemistry antara Kubota dan Nikaido mantap banged, mereka kelihatan seperti suami istri beneran, sangat menarik untuk diikuti.
- Kisah persahabatan antara tokoh utama dan dua temannya pada masa SD juga akan membuat kita bertanya-tanya, aku punya teman kayak gitu nggak sih, yang saling mendukung disaat susah.
- Hero dalam drama ini sangat menyayangi gurunya yang menemukan bakatnya, gurunya akan selalu menjadi penyemangatnya jika ia sedang slump.
- Aku kagum sekali bagaimana orang-orang menciptakan lagu hanya dengan melodi di kepalanya tanpa menggunakan alat musik, melihat tokoh utama disini membuat lagu hanya dengan selembar kertas, menunjukkan betapa berbakatnya dia.
- Lagu-lagu yang diciptakan hero dalam asadora ini akan membuat kalian penasaran dan langsung nyari di youtube lagunya, pasti deh.
- Kiyohara Kaya. Dia adalah salah satu aktris muda jepang paling berbakat saat ini, denut diusia 13 tahun dalam sebuah asadora, sudah banyak yang menunggu penampilannya dalam asadora sebagai heroine.
- Kisahnya mengambil latar masa sekarang/modern. Asadora biasanya mengambil latar masa lalu, zaman Meiji atau Showa sedangkan di asadora ini, ceritanya akan sampai pada tahun 2020. Ya memang sih tetap masa lalu juga karena dimulai dari tahun 1995, tapi untuk ukuran asadora, itu termasuk masa modern 😂
- Ini termasuk asadora dengan pemandangan yang indah. Meski syutingnya dilakukan pada masa pandemi, tapi keindahan pemandangan alamnya tetap ditampilkan dengan baik.
- Pasangan heroine dalam drama ini lebih populer dari heroine-nya, karakter Sakaguchi Kentaro dalam drama ini mampu memikat hari para penonton karena karakternya yang unik dan bikin baper. Meski karakternya tipe yang sulit dimengerti, tapi cintanya pada heroine luar biasa.
- Asadora ini fresh banged kalau menurutku, penuh warna.
- Banyak netizen jepang yang mengatakan asadora ini terlalu suram untuk sebuah asadora tapi itu karena tema yang diangkat dalam asadora ini memang berat, masalahnya banyak tentang bencana alam. Itu karena Jepang memang negara yang sering terjadi bencana alam.
- Oshin (1983) - 52.6%
- Mayuko Hitori (1971) - 47.4%
- Ai Yori Aoku (1972) - 47.3%
- Hatoko no Umi (1974) - 47.2%
- Kita no Kazoku (1973) - 46.1%
- Ohanahan (1966) - 45.8%
- Tabiji (1967) - 45.8%
- Ashita Koso (1968) - 44.9%
- Miotsukushi (1985) - 44.3%
- Oteichan (1978) - 43.0%
- Welkame (2009) - 13.5%
- Tsubasa (2009) - 13.8%
- Hitomi (2008) - 15.2%
- Chiritotechin (2007) - 15.9%
- Dandan (2008) - 16.2%
- Tenka (2004) - 16.2%
- Okaeri Mone (2021) - 16.3%
- Fight (2005) - 16.7%
- Imo Tako Nankin (2006) - 16.8%
- Wakaba (2004) - 17.0%
Heroine yang paling aku sukai:
Heroine yang paling pure:
Sudo Yoko (Ohisama)
Pasangan heroine yang paling aku sukai:
Supporting cast yang paling aku sukai:
-dengan cerita tersendirinya yang menarik-
Hayama Renko (Nakama Yukie, Hanako to Anne)
Imai Hatsu (Miyazaki Aoi, Asa ga Kita)
Pasangan asadora couple yang aku sukai:
Sawada Hiroyuki - Marezora (Mare)
Video Opening Song terbaik menurutku:
Hiyokko OP - ini OP-nya juga kreatif, aku lupa namanya apa, tapi dia kayak alat sehari-hari tapi dibentuk jadi sebuah tempat gitu
Ohisama OST
Kohashi Tsuneko, Kohashi Mariko, Kohashi Yoshiko (Takahata Mitsuki, Sagara Itsuki, Sugisaki Hana; Toto Nee-chan)
2nd Lead Male yang paling bikin baper:
-yang aku maksud adalah yang suka sama tokoh utama tapi nggak jadi, alias tokoh pria yang bertepuk sebelah tangan pada heroine-
Persahabatan terbaik dalam asadora:
Kiaris: Bando Sumire, Ono Akemi, Tada Ryoko & Tasaka Kimie (Yoshine Kyoko, Tanimura Mitsuki, Momota Kanako, Tsuchimura Kaho; Beppin-san)
-yang pure tanpa ada cinta yang terlibat-
Asadora dengan kisah terbaik menurutku:
Asadora yang paling banyak membuatku menangis:
Berharap banget Makita Aju jadi cast heroine di masa mendatang
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNontonnya gak masalah sih... Downloadnya yang masalah... banyak binhit perlu kuota 😅
BalasHapusBut thanks 😊🙏 aq memang penasaran sama asadora. Koq bisa gitu, bikin cerita sepanjang ntu 😅
Tapi kalo kisah di dalamnya memang banyak kisah, lengkap en terperinci, ciyeeeeee, ya wajar aja kalo eposode nya banyak ya 😅👍
Nonton asadora dimana ya
BalasHapus